Cara Cepat Hamil

Parah, Soal Ujian Nasional Dijual Rp 5 Juta!

Pelaksanaan ujian nasional SMA sederajat di Kota Sukabumi diwarnai dugaan praktik jual beli soal ujian. Harga yang ditawarkan untuk satu paket soal ujian secara lengkap mencapai Rp5 Juta.

Keterangan yang dihimpun di lapangan, kebocoran kunci jawaban pada hari pertama pelaksanaan UN di Kota Sukabumi, Senin 18 April lalu, merupakan buntut terjadinya praktik jual-beli soal ujian. Umumnya soal ujian yang diperdagangkan tersebut berasal dari wilayah Kabupaten Sukabumi.

Harga untuk setiap soal ujian ditentukan oleh tingkat kesulitan mata pelajaran. Untuk paket soal dengan mata pelajaran yang dikategorikan ringan, dijual seharga Rp3 juta. Sedangkan untuk soal ujian dengan mata pelajaran kategori berat seperti Bahas Inggris dan Matematika dijual seharga Rp5 juta.

"Harganya berkisar Rp3 juta hingga Rp5 juta. Ini tergantung dari tingkat kesulitan pelajaran yang diujikan. Berkas soal ujian yang beredar ini berasal dari sejumlah sekolah di wilayah kabupaten," ungkap seorang sumber yang enggan disebutkan.

Dikatakan sumber ini, terjadinya kebocoran soal ujian di wilayah Kabupaten Sukabumi dipicu salah satunya pelaksanaan pendistribusian lembara soal ujian yang dilakukan dua hari sebelum pelaksanaan UN, sehingga membuka peluang bagi para oknum sekolah untuk membuka berkas soal ujian dan menggandakannya. Berbeda dengan wilayah Kota Sukabumi yang melaksanakan pendistribusiannya pada H-1 pelaksanaan UN.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Zaenal Mutaqin membantah telah terjadinya praktik jual-beli soal ujian. Dalam pelaksanaan UN ini, Zaenal menjamin kerahasiaan soal ujian karena telah melalui proses penjagaan ketat mulai dari proses pendistribusian ke sekolah hingga pembagian soal ujian kepada para peserta.

"Kami menjamin tidak ada pembongkaran lembar soal sebelum pelaksanaan ujian dimulai. Pelaksanaannya dijaga ketat sehingga tidak akan ada kebocoran yang mengakibatkan terjadinya praktik jual beli soal," tegas Zaenal.

thumbnail Title: Parah, Soal Ujian Nasional Dijual Rp 5 Juta!
Posted by:Togok Emerald
Published :2011-04-20T07:57:00-07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Parah, Soal Ujian Nasional Dijual Rp 5 Juta!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori News dengan judul Parah, Soal Ujian Nasional Dijual Rp 5 Juta!. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://demit88.blogspot.com/2011/04/parah-soal-ujian-nasional-dijual-rp-5.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Demit88 - Rabu, 20 April 2011

Belum ada komentar untuk "Parah, Soal Ujian Nasional Dijual Rp 5 Juta!"

Posting Komentar