Cara Cepat Hamil

Pil KB Bantu Kurangi Nyeri Haid

Hampir setengah jumlah wanita di dunia merasakan kram di perut saat masa menstruasi, atau biasa disebut dismenorea. Bahkan diantaranya, mengalami rasa nyeri yang lebih parah, hingga muntah dan pingsan.

Rasa sakit dan nyeri saat menstruasi ini disebabkan oleh hormon yang disebut prostaglandins, yang dihasilkan di lapisan rahim wanita.

Sebenarnya, banyak cara untuk meredakan rasa nyeri haid. Namun, penelitian terbaru menemukan, pil kontrasepsi oral atau dikenal dengan pil KB secara signifikan mampu mengurangi gejala nyeri haid bagi wanita muda.

"Kebanyakan dokter kandungan dan ginekolog telah menggunakan pil kontrasepsi oral untuk membantu mengurangi rasa sakit menstruasi, jika tidak bisa maka pasien berarti mengalami dysmenorrhea," kata Dr. Jenifer Wu, seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City, seperti dikutip melalui dailymail, Rabu (18/1).

Kesimpulan diambil setelah melakukan penelitian yang diikuti oleh 1.300 relawan berusia 19 tahun, dan menemukan bahwa wanita yang menggunakan kombinasi pil pengendali kehamilan (estrogen dan progestin) ini dapat menurunkan rasa sakit, setidaknya satu poin dari skala 10.

Temuan yang dipublikasikan dalam journal Human Reproduction, memulai penelitian dengan membaginya menjadi tiga kelompok. Survei pertama dilakukan pada saat relawan berusia 19 tahun, dan ketika berusia 24 tahun.

"Kami menemukan adanya perbedaan signifikan pada keparahan dismenorea tergantung dari ada atau tidaknya wanita menggunakan pil KB," ungkap pemimpin penelitian Dr Ingela Lindh.

Menurut Dr Ingela Lindh dan rekannya dari University Gothenburg, Swedia, pil KB mampu mencegah proses produksi hormon prostaglandins, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri dan kram perut.

thumbnail Title: Pil KB Bantu Kurangi Nyeri Haid
Posted by:Togok Emerald
Published :2012-01-21T04:41:00-08:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Pil KB Bantu Kurangi Nyeri Haid
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Health dengan judul Pil KB Bantu Kurangi Nyeri Haid. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://demit88.blogspot.com/2012/01/pil-kb-bantu-kurangi-nyeri-haid.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Demit88 - Sabtu, 21 Januari 2012

Belum ada komentar untuk "Pil KB Bantu Kurangi Nyeri Haid"

Posting Komentar